MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
Rabu, 7 Maret 2012 23:32:23 - oleh : lemlit - views 2570
MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS GURU FISIKA PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS


Ferawati, M. Pd


(Program
Studi Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA)


 


ABSTRAK


Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen dengan desain one
group pretestt-posttest design
yaitu penelitian yang dilaksanakan pada satu
kelompok tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan
instrumen berupa tes multiple choices sebelum pembelajaran (pretestt),
dan setelah pembelajaran selesai (posttest) serta angket tanggapan guru
tentang penggunaan mutimedia interaktif.Subjek penelitian adalah guru-guru
berlatar belakang pendidikan dari Pendidikan Fisika/Pendidikan IPA/Fisika yang
mengajar di SMA Muhammadiyahyang sedang mengikuti pelatihan di salah satu
Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Jakarta. Data yang diperoleh
dari hasil tes baik pretest,posttest,dan angket pendapat guru
diolah dengan menggunakan rata-rata skor gain yang dinormalkan. Secara umum
terjadi peningkatan penguasaan konsep dengan rata-rata sebesar 65,9%.
Peningkatan penguasaan konsep tiap sub topik menurut pengalaman mengajar antara
lain, ≥ 5 tahun sebesar 65,9%, 6-10 tahun sebesar 64,22% dan > 10 tahun
sebesar 41,53%. Terjadi peningkatan Keterampilan Generik Sains (KGS) dengan
rata-rata sebesar 63% pada kategori sedang. Peningkatan pada setiap
indicator;inferensi logika sebesar 58,6%, pengamatan tak langsung sebesar 78,3%
dan kerangka logika taat azas meningkat sebesar 52,2%. Pendapat guru (Petatar)
dan Penatar tentang multimedia interaktif yang digunakan dalam pembelajaran ini
umumnya menunjukan kategori setuju bahwa penggunakan Multimedia Interaktif
(MmI) dapat meningkatkan motivasi belajar, dapat memvisualkan konsep-konsep
yang sebenarnya abstrak, dapat membangun konsep-konsep fluida dinamis yang
seharusnya dimiliki,dan Evaluasi pada setiap sub topik dan pada akhir program
sangat membantu untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep.


Kata
Kunci :
Multimedia
Interaktif, Fluida dinamis, dan Keterampilan Generik Sains


 


Melihat makalah lengkap silahkan KLIK di sini


 


Kirim ke Teman  Cetak             

Berita "Artikel Penelitian" Lainnya

PENCARIAN

Lemlit Loading
Format Laporan Kemajuan Penelitian Hibah 2014
2014-08-19 21:15:08 - 111 views
Sebagaimana ketentuan dalam pandu...
Undangan Seminar Proposal Penelitian DIKTI
2014-08-08 21:12:20 - 191 views
Selamat kepada para pengusul Pene...
UHAMKA Diseminasikan Hasil Riset Dalam Konggres Internasional di Paris
2014-07-20 16:24:14 - 223 views
Psikologi UHAMKA kembali menunjuk...
Panduan Unggah Laporan Penelitian DIKTI Secara OnLine
2014-07-17 16:50:46 - 419 views
Panduan Unggah Laporan Penelitian...
Materi Pelatihan Dosen (Panduan Penelitian)
2014-06-26 01:10:13 - 309 views
  1. Panduan Penelitian Reg...
Sosialisasi Penelitian DIKTI 2014 di UHAMKA
2014-06-20 11:54:56 - 313 views
Materi Sosialisasi : 1. Panduan ...
Pemenang Penelitian Hibah DIKTI 2014
2014-06-18 10:03:28 - 495 views
Rektor UHAMKA, Prof Dr H Suyatno ...
Hasil Survei Paparan Asap Rokok Kepada Perokok Pasif
2014-05-29 00:14:39 - 415 views
Dampak asap rokok bukan hanya ter...
Muhibah Penelitian Ke Maluku Utara
2014-05-28 19:16:41 - 352 views
Lembaga Penelitian dan Pengembang...
Apresiasi Seni Mahasiswa
2014-05-28 17:47:37 - 308 views
Mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan ...

Pesan Singkat

Statistik Situs

Visitors : 919689 Org
Hits : 2296940 Hits
Month : 3760 Users
Today : 317 Users
Online : 37 Users

Top Download

LEMLITBANG DAN LPPM

Free counters!