MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
Rabu, 7 Maret 2012 23:32:23 - oleh : lemlit - views 39313
MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS GURU FISIKA PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS


Ferawati, M. Pd


(Program
Studi Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA)


 


ABSTRAK


Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen dengan desain one
group pretestt-posttest design
yaitu penelitian yang dilaksanakan pada satu
kelompok tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan
instrumen berupa tes multiple choices sebelum pembelajaran (pretestt),
dan setelah pembelajaran selesai (posttest) serta angket tanggapan guru
tentang penggunaan mutimedia interaktif.Subjek penelitian adalah guru-guru
berlatar belakang pendidikan dari Pendidikan Fisika/Pendidikan IPA/Fisika yang
mengajar di SMA Muhammadiyahyang sedang mengikuti pelatihan di salah satu
Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Jakarta. Data yang diperoleh
dari hasil tes baik pretest,posttest,dan angket pendapat guru
diolah dengan menggunakan rata-rata skor gain yang dinormalkan. Secara umum
terjadi peningkatan penguasaan konsep dengan rata-rata sebesar 65,9%.
Peningkatan penguasaan konsep tiap sub topik menurut pengalaman mengajar antara
lain, ≥ 5 tahun sebesar 65,9%, 6-10 tahun sebesar 64,22% dan > 10 tahun
sebesar 41,53%. Terjadi peningkatan Keterampilan Generik Sains (KGS) dengan
rata-rata sebesar 63% pada kategori sedang. Peningkatan pada setiap
indicator;inferensi logika sebesar 58,6%, pengamatan tak langsung sebesar 78,3%
dan kerangka logika taat azas meningkat sebesar 52,2%. Pendapat guru (Petatar)
dan Penatar tentang multimedia interaktif yang digunakan dalam pembelajaran ini
umumnya menunjukan kategori setuju bahwa penggunakan Multimedia Interaktif
(MmI) dapat meningkatkan motivasi belajar, dapat memvisualkan konsep-konsep
yang sebenarnya abstrak, dapat membangun konsep-konsep fluida dinamis yang
seharusnya dimiliki,dan Evaluasi pada setiap sub topik dan pada akhir program
sangat membantu untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep.


Kata
Kunci :
Multimedia
Interaktif, Fluida dinamis, dan Keterampilan Generik Sains


 


Melihat makalah lengkap silahkan KLIK di sini


 


Kirim ke Teman  Cetak             

Berita "Artikel Penelitian" Lainnya

PENCARIAN

Lemlit Loading
Peneliti Senior UHAMKA Mendiseminasikan Hasil Riset di Forum Internasional
2015-11-06 06:00:04 - 69734 views
Peneliti Senior UHAMKA mendapatka...
Monev Hibah Penelitian 2015 ( silahkan KLIK di SINI )
2015-10-31 14:25:50 - 70197 views
Transistor.   Menindaklanj...
Pengisian Formulir Monev Hibah Penelitian Disertasi Doktor
2015-10-23 10:17:51 - 70614 views
Berkenaan akan dilaksanakan kegia...
Doktoral and Postdoctoral Grant in Germany
2015-10-13 14:23:19 - 71097 views
Sehubungan surat edaran yang dite...
The 23rd International Conference on Computers in Education (ICCE 2015)
2015-10-13 13:58:06 - 70963 views
The 23rd International Conference...
Undangan Pelatihan Penulisan Artikel
2015-10-07 20:02:04 - 70788 views
Dalam rangka meningkatkan motivas...
ICCE 2014 Nara Jepang Endy Sjaiful ALIM
2015-10-01 15:42:06 - 71573 views
The Effectivity Of Association Pi...
ICCE 2013 Bali Yusnidar Yusuf & Endy Sjaiful ALIM
2015-10-01 13:59:39 - 71145 views
Classroom Action Research: Using ...
ICCE Singapore Endy Sjaiful Alim
2015-10-01 13:40:08 - 71397 views
The Correlation Between the Stude...
Undangan Presentasi Proposal Penelitian Hibah 2015
2015-09-21 15:07:37 - 72157 views
PENGUMUMAN PENTINGSebagai tindak ...

Pesan Singkat

Statistik Situs

Visitors : 18415539 Org
Hits : 22036063 Hits
Month : 4841 Users
Today : 744 Users
Online : 72 Users

Top Download

LEMLITBANG DAN LPPM

Free counters!