Berita

PARUNGPANJANG - Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, men

Serba-Serbi

Prof Suyatno Hadiri Rencana Pembangunan RSI Muhammadiyah Bogor

redaksi , UHAMKA | Friday, 31/January/2014 05:51

PARUNGPANJANG - Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, mendapat bantuan hibah tanah seluas dua hektar dari Yayasan Al-Bina, tepatnya di Desa Cibunar. Rencananya, di atas lahan itu akan dibangun Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah dan pusat pendidikan. Penyerahan hibah dilakukan dalam acara pengajian daerah Muhammadiyah yang dihadiri sekitar 1000 jamaah dari PCM se- Kabupaten Bogor, di Gedung Olahraga Masyarakat (GOM) Parungpanjang, kemarin. Hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Muhamadiyah Prof Dr H Suyatno, Prof Dr Hamka, Prof Dr H Suyatno, MPD (Rektor Univ Muhammadiyah) serta Mejalis Publikasi dan Hikmah PP Muhammadiyah, Drs Najmudin Ramli.

Kehadiran Prof Suyatno adalah bagian dari wujudnyata tanggung jawab perguruan tinggi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat luas. Terlebih UHAMKA adalah merupakan amal usaha Muhammadiyah, tentu akan selalu mendukung dan berada digaris depan dalam mendukung gerakan dakwah Muhammadiyah.Ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Parungpanjang Roby Binarta mengatakan, bantuan dari Yayasan Al-Bina menambah semangat para pengurus PCM untuk segera mewujudkan pembangunan rumah sakit islam di perbatasan Kabupaten Bogor tersebut. Menurut dia, keberadaan RSI sudah sangat urgen untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. "Anda bisa bayangkan warga Parungpanjang butuh dua jam ke RS Tangerang yang paling dekat, bahkan kalau ke Cibinong butuh waktu 3,5 jam perjalanan," kata dia.

Dengan kondisi ini, kata Roby, keselamatan pasien rentan tak tertolong karena jauhnya jarak yang harus ditempuh. "Belum lagi ongkosnya mahal, sedikitnya mereka harus punya Rp500 ribu untuk sewa kendaraan ke rumah sakit," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PMD) Kabupaten Bogor Naufal Ramadian mengatakan, pengurus PMD sangat mendukung rencana tersebut. "‘Kita akan bantu moril dan materil dan membuka akses ke Pemerintah Daerah," katanya.

Naufal menambahkan, pembangunan RSI merupakan salah satu upaya yang akan dilakukan Muhammadiyah untuk membantu Pemerintah Kabupaten Bogor dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. (sol/rif/wan) (diadaptasi dari Bogor Pos 28 Januari 2014)

 

Berita Terkait