Berita

Beberapa kegiatan peduli lingkungan di pulau Pari dilaksanakan oleh masyarakat, relawan dan dosen pe

Serba-Serbi

TANAM MANGROVE DI PANTAI PULAU PARI

lemlit , UHAMKA | Saturday, 30/June/2012 17:09

Beberapa kegiatan peduli lingkungan di pulau Pari dilaksanakan oleh masyarakat, relawan dan dosen pendamping P2KDKI. Salah satu kegiatan tersebut adalah penanaman Mangrove sebagai upaya konservasi di lokasi pantai pulau Pari. Kegiatan penanaman Mangrove ini dilaksanakan di sela-sela aktivitas workshop dan evaluasi kegiatan Program Penanganan Kemiskinan di wilayah DKI (P2KDKI) dimana daerah pulau Pari yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi salah satu sasaran kegiatannya.

Dalam Penanaman Mangrove ini beberapa masyarakat warga pulau, berbaur dengan para relawan serta dosen pendamping bahu-membahu bekerjasama melaksanakan kegiatan. Kerjasama semacam ini adalah bagian dari setrategi kegiatan pemberdayaan melalui konsep Community Based Development. Dengan konsep pemberdayaan ini, memang yang didorong adalah partisipasi aktif dari masyarakat, karena memang masyarakat adalah pemeran utama dalam pemberdayaa. Adapun relawan dan dosen pendamping hanyalah fasilitator/mediator/advokator yang dituntut untuk mampu menciptakan suasana partisipatoris dalam setiap kegiatan pemberdayaan. Dengan demikian diharapkan program menjadi tepat sasaran dan dapat berkesinambungan.

Kegiatan Workshop dan evaluasi program sendiri sebetulnya dirancang untuk mengevaluasi kegiatan, kemudian merefleksikan temuan-temuan dalam evaluasi tersebut, baik yang bersifat tantangan maupun keberhasilan, guna diambil hikmah, pelajaran dan manfaat bagi perbaikan program pada tahap berikutnya. Jadi sebetulnya workshop dan evaluasi ini dilaksanakan lebih fokus kepada kepentingan pengembangan program. Namun dengan pertimbangan nilai kemanfaatan di sela-sela aktivitas pengembangan program yang cenderung konseptual tersebut, tetap dilaksanakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan melibatkan seoptimal mungkin partisipasi dari masyarakat luas. Sekali lagi ini menunjukkan komitmen dalam kegiatan P2KDKI yang selalu mengedepankan kegiatan nyata sesuai kebutuhan dan kondisi sosial masyarakat, dengan seoptimal mungkin melibatkan partisipasi masyarakat dan segenap pengampu kepentingan, dalam suatu sinergy yang harmonis, menuju tujuan bersama guna senantiasa memperbaiki keadaan. Dengan demikian diharapkan agar aktivitas dalam P2KDKI benar-benar menjadi MANTAB, yaitu aktivitasnya benar-benar berMANfaat, untuk membawa masyarakat dan bangsa Indonesia semakin bermarTABat.

Berita Terkait

Agenda Kegiatan

Program Kreativitas Mahasiswa 2011

29 Aug 2011

DITLITABMAS DIKTI KEMDIKNAS telah membuka pengajuan Proposal PKM 2011 mulai bulan Agustus sampai Okt


Pengumuman

Hibah Penelitian Kompetitif

26 Jul 2011

Sebagaimana hasil rapat koordinasi dan lokakarya program Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya,


Warta Islam dan Kemuhammadiyahan

Prof A. Malik Fadjar : Muhammadiyah Harus Terus Kembangkan IPTEK

30 Jul 2011

Prof A Malik Fadjar membuka acara Forum Group Diskusi Teknologi (FGDT) yang dihadiri oleh Perguruan