Berita

Psikologi UHAMKA kembali menunjukkan perannya dalam menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarak

Seputar Uhamka

UHAMKA Diseminasikan Hasil Riset Dalam Konggres Internasional di Paris

redaksi , UHAMKA | Monday, 21/July/2014 03:24

Psikologi UHAMKA kembali menunjukkan perannya dalam menyebarluaskan hasil penelitian kepada masyarakat luas tidak terkecuali masyarakat internasional. Kali ini melalui konferensi yang diadakan oleh komunitas Psikologi Terapan Internasional, International Congress of Applied Psychology (ICAP) 2014. Konferensi ini diadakan di Paris sejak tanggal 8 hingga 13 Juli 2014 dengan tema "From Crisis to Sustainable Well-Being".

Subhan El Hafiz, salah seorang delegasi dari UHAMKA, mengatakan bahwa dalam pertemuan ilmiah Psikologi ini dihadiri lebih dari dua ribu orang dari berbagai negara di seluruh dunia. Semua benua terwakili dalam pertemuan ini dimana peserta terbanyak dari Eropa dengan lebih dari seribu delegasi dan pada urutan kedua adalah benua Asia dengan jumlah delegasi mencapai 800 orang.

Adapun presentasi yang dilakukan oleh delegasi dari UHAMKA terbagi dalam dua skema acara, yaitu: brief oral presentation dan oral presentation. Masing-masing dengan latar belakang yang berbeda, yaitu: Psikologi Sosial dan Psikologi Pendidikan. Tema dalam Psikologi Sosial terkait dengan penanganan konflik sosial sedangkan untuk Psikologi Pendidikan mengangkat tema perilaku menyontek.

Tanggapan dari partisipan lain sangat baik dengan presentasi yang disampaikan, terutama untuk presentasi dalam tema konflik sosial karena sangat aplikatif. Ketertarikan partisipan lain ditandai dengan keinginan mereka untuk bisa memperoleh softcopy powerpoint dari materi yang disampaikan. Pada sesi tanya jawab, delegasi dari UHAMKA menerima pertanyaan yang antusias terkait dengan presentasi yang sudah disampaikan.

Pertemuan empat tahunan ini sudah rutin diadakan dan kali ini menjadi pertemuan yang ke 28. Pada pertemuan ke 29 rencananya akan diadakan di Canada, tepatnya di kota Montreal. Tuan rumah pertemuan ke 29 yang akan diadakan pada tahun 2018 menyatakan bahwa pertemuan tersebut akan diadakan pada 23-30 Juni.

Tentunya prestasi ini diharapkan dapat mengangkat nama UHAMKA di level internasional dan mendorong tercapainya world class university. Sementara untuk civitas academica UHAMKA yang lain juga terpacu untuk menghasilkan karya ilmiah yang layak disampaikan dalam forum internasional lainnya. Hal ini tidak terbatas hanya pada dosen semata namun juga mendorong mahasiswa untuk mampu berkompetisi pada level internasional. (*)

 

Berita Terkait

Pengumuman

Batas Pemasukan Proposal Penelitian Reguler

14 Apr 2011

Sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil dalam acara WorkShop bahwa batas pemasukan proposal pen


Agenda Penelitian

Strategi Pengembangan LPPM & LEMLITBANG UHAMKA

14 Apr 2011

LEMLITBANG & LPPM UHAMKA adalah sebuah lembaga pengelola teknis Universitas Muhammadiyah Prof Dr


Seputar Uhamka

Dosen Peneliti UHAMKA Memasukkan Proposal Penelitian Hibah Bersaing Ke Kopertis 3

04 Jun 2011

Dosen Peneliti UHAMKA selalu berusaha meningkatkan peranannya dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan ya