Berita

LEMLITBANG UHAMKA menggelar kegiatan SARASEHAN RISET UNTUK TRANSFORMASI KEBANGSAAN. Kegiatan yang di

Seputar Uhamka

Sarasehan Riset Untuk Transformasi Kebangsaan

lemlit , UHAMKA | Friday, 16/December/2011 21:18

LEMLITBANG UHAMKA menggelar kegiatan SARASEHAN RISET UNTUK TRANSFORMASI KEBANGSAAN. Kegiatan yang digelar di AULA Kampus utama ini diselenggarakan disela-sela kegiatan Kolokium dan Seminar Hasil Riset/Pengabdian Masyarakat. Selama satu setengah jam digelar dan digali bagaimana peranan survey yang menggunakan metode riset kuantitatif, dapat digunakan untuk melihat perkembangan masyarakat dan partisipasinya dalam masalah kebangsaan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh M Qodari dari Indobarometer yang hadir dalam kegiatan sarasehan tersebut, kegiatan survey adalah metode yang paling bertanggung jawab untuk mengamati respon masyarakat terhadap masalah-masalah kebangsaan. Sebagai sebauah instrumen obyektif maka dalam survey harus dilakukan pertanyaan pertanyaan yang jujur dan kita harus siap memperoleh jawaban dengan apa adanya.

Yang harus disadari bahwa pandangan masyarakat yang merupakan obyek survey juga sangat dinamis dan terus berkembang sehingga terkadang hasil yang diperoleh dalam survey juga akan cepat mengalami perkembangan sesuai situasi sosial yang melingkupi masyarakat. Sementara itu Bung Fajar (Direktur eksekutiv Maarif Institut) salah satu faktor yang dapat mempengaruhi respon masyarakat terhadap masalah kebangsaan adalah faktor keteladanan dari pemimpin, hal ini sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang masih memiliki sifat-sifat feodalistik, di sini peranan Perguruan Tinggi diharapkan dapat menjadi suporting system dalam pemberdayaan masyarakat.

Agar keterlibatan masyarakat lebih signifikan dalam transformasi kebangsaan. Sementara itu Ahmad Rofiq sebagai Mantan Aktivis Mahasiswa menyoroti bahwa perkembangsaan kebangsaan selama ini masih belum menggembirakan, sehingga diperlukan langkah yang lebih konkrit lagi dalam melakukan perubahan.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah Ketua Lemlitbang UHAMKA (Endy SA) menyampaikan bahwa kegiatan Sarasehan Riset Untuk Transformasi Kebangsaan ini di gelar dengan harapan dapat memberikan wawasan bahwa kegiatan riset itu sangat erat dalam proses keseharian, Riset idak harus selalu berkonotasi pekerjaan yang rumit dan terkadang belum jelas manfaatnya.

Tapi riset adalah budaya masyarakat yang berpengatahuan dalam mengambil hikmah dari setiap kejadian yang dialami termasuk kejadian sehari-hari untuk menuju perbaikan dikemudian hari.

 

Berita Terkait