Berita

LEMLITBANG UHAMKA mendapat undangan untuk mengikuti rapat koordinasi desentralisasi Penelitian di li

Seputar Uhamka

Koordinasi Desentralisasi Penelitian

lemlit , UHAMKA | Friday, 07/October/2011 16:26

LEMLITBANG UHAMKA mendapat undangan untuk mengikuti rapat koordinasi desentralisasi Penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi. Rapat Koordinasi ini dilaksanakan di Yogyakarta mulai tanggal 6 - 7 Oktober 2011. Rapat yang dihadiri beberapa Ketua Lemlitbang Perguruan Tinggi membahas beberapa permasalahan berkaitan dengan pelaksanaan desentralisasi penelitian dilingkungan Dit. LITABMAS DIKTI Kemdiknas yang rencananya mulai akan dilaksanakan pada tahun 2012. Menurut Prof Dr Suryo Hapsoro desentralisasi penelitian dilingkungan PT ini sejalan dengan semangat Otonomi Perguruan Tinggi, dan untuk mendorong munculnya penelitian unggulan berbasis potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi. Pada kesempatan rapat koordinasi tersebut Direktur Dit. LITABMAS DIKTI KEMDIKNAS tersebut juga berpesan agar pelaksanaan desentralisasi penelitian di Perguruan Tinggi tidak tercerabut dari semangat TRI DHARMA Perguruan Tinggi.

Melalui prgram desentralisasi penelitian ini beberapa perguruan tinggi terpilih diberikan keleluasaan dalam pengaturan anggaran penelitian sesuai tingkat kebutuhan, dengan tetap menjaga standart mutu dan proses pengelolaan yang transparan. 

Pada kesempatan ini LEMLITBANG mendapat kepercayaan pagu anggaran maksimal sebesar 725.000.000. Dari pagu tersebut 30 % dana dapat dipergunakan untuk mendanai Penelitian Unggulan sesuai dengan Rencana Induk Penelitian UHAMKA, sedang yang 70 % dari anggaran dipergunakan untuk mendanaai Penelitian Multi Tahun sesuai skema yang telah ditentukan oleh Dit. LITABMAS melalui penelitian Hibah Bersaing, penelitian Hibah Kompetensi, Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi dan sekema penelitian multi tahun yang lainnya. Menurut Ka Lemlitbang UHAMKA Endy Sjaiful Alim, Lemlitbang siap mendukung pelaksanaan desentralisasi penelitian ini dengan melakukan asesmen proposal penelitian sesuai ketentuan Dit. LITABMAS DIKTI KEMDIKNAS. Dari Proses asesmen yang dilakukan telah masuk 14 Proposal terdiri dari  9 (sembilan) proposal Penelitian Hibah Bersaing, dan 5 (lima) proposal Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. 

Berita Terkait