Berita

Sebagaimana hasil Rapat Koordinasi Program Desentralisasi Penelitian DIKTI, bahwa LEMLITBANG UHAMKA

Pengumuman

DAFTAR PROPOSAL PENELITIAN SKIM DESENTRALISASI PENELITIAN DIKTI

lemlit , UHAMKA | Friday, 01/June/2012 08:08

Sebagaimana hasil Rapat Koordinasi Program Desentralisasi Penelitian DIKTI, bahwa LEMLITBANG UHAMKA telah dipercaya masuk dalam kategori Lembaga Penelitian tingkat Madya. Sebagaimana telah diatur dalam mekanisme Program Desentralisasi Penelitian DIKTI, Lembaga Penelitian yang telah masuk dalam kategori Madya mendapat kepercayaan kewenangan melaksanakan review dan seleksi proposal dalam skim desentralisasi penelitian DIKTI secara mandiri. Pelaksanaan review dan penilaian proposal penelitian tersebut dilaksanakan oleh reviewer yang telah mengikuti TOT dan pelatihan internal serta memenuhi syarat dan ketentuan sebagaimana yang telah ditentukan oleh DIKTI. 

Kelebihan lain dalam Program Desentralisasi penelitian ini masing-masing perguruan tinggi diberi keleluasaan dalam memilih tema penelitian terutama yang terkait dengan penelitian unggulan perguruan tinggi. Tema penelitian ini mengacu pada Rencana Induk Penelitian yang dibuat oleh masing-masing perguran tinggi dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih.

Sebagaimana yang tertuang dalam RIP Lemlitbang UHAMKA bahwa penelitian dalam kurun waktu 5 tahun kedepan diarahkan kepada pengembangan sumberdaya manusia yang berkarakter. Berdasar RIP tersebut maka penelitian unggulan perguruan tinggi UHAMKA telah berjalan (On Going) dengan tema arah baru Pendidikan Karakter Bangsa berbasis Ormas. Oleh karena program penelitian unggulan ini sedang berjalan maka pada tahun 2012 ini Lemlitbang sengaja tidak mengajukan tema baru dalam Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi, karena penelitian lanjutan akan dilaksanakan masih dalam tema yang sama. 

Pada tahun 2012 ini Lemlitbang UHAMKA mengasesmen penelitian dalam skim desentralisasi yang paling banyak dari Penelitian Hibah Bersaing (17 Proposal), Penelitian Fundamental (3 Proposal), Penelitian Disertasi Doktor (2 Proposal) dan Penelitian Tim Pasca Sarjana (1 Proposal). Keseluruhan Proposal telah di review oleh team reviewer yang memenuhi persyaratan DIKTI, untuk kemudian dijukan ke Dit.Litabmas DIKTI. Pada prinsipnya penelitian akan mendapatkan pendanaan jika pagu anggarannya memenuhi kuota yang masih akan ditetapkan dalam anggaran DIPA DIKTI & Kopertis 3 tahun 2013. Pengajuan Penelitian di tahun 2012 ini akan mendapatkan pendanaan di tahun 2013 (Maret-Mei).

Adapun beberpa penelitian dalam skim desentralisasi penelitian DIKTI dari UHAMKA yang telah diserah ke Dit.Litabmas DIKTI (31/5/12) tersebut dapat diperiksa dari tautan berikut :

REKAPITULASI PROPOSAL PENELITIAN DOSEN UHAMKA KE DIKTI 

Berita Terkait