Berita

Ac-Di-Sol merupakan salah satu bahan tambahan yang biasa digunakan dalam pembuatan tablet, salah sat

Artikel Penelitian

Manfaat Daun Sukun

redaksi , UHAMKA | Thursday, 14/November/2013 06:07

Ac-Di-Sol merupakan salah satu bahan tambahan yang biasa digunakan dalam pembuatan tablet, salah satunya yaitu sebagai penghancur. Penambahan Ac-Di-Sol sebagai bahan penghancur karena memiliki daya kapilaritas yang tinggi, tujuannya agar tablet yang dihasilkan terdisintegrasi dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penghancur Ac-Di-Sol terhadap waktu hancur tablet dispersibel ekstrak kering daun sukun yang di buat dengan metode granulasi kering.
Ekstrak kering daun sukun diformulasikan ke dalam bentuk sediaan tablet dispersibel dengan penambahan Ac-Di-Sol sebagai penghancur dalam berbagai konsentrasi yaitu 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5%. Setelah itu dilakukan evaluasi granul yang meliputi kadar air, waktu alir, sudut kemiringan, kompresibilitas, distribusi ukuran partikel, dan evaluasi tablet yang meliputi kekerasan, keregasan, keseragaman bobot, waktu hancur, diameter dan ketebalan.
Pada evaluasi waktu hancur data yang diperoleh untuk formula 1 sampai dengan formula 5 adalah 35,33 detik, 13,17 detik, 55,79 detik, 21,85 detik, 13,27 detik. Dengan menggunakan ANAVA satu arah yang membandingkan antara waktu hancur dengan konsentrasi Ac-Di-Sol, didapatkan nilai sig = 0,000 < α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan perbedaan konsentrasi Ac-Di-Sol akan memberikan perbedaan waktu hancur yang significant. Kemudian dengan uji lanjutan LSD tidak terjadi perbedaan bermakna antara formula 2 dengan formula 4 dan formula 4 dengan formula 5. Konsentrasi optimum Ac-Di-Sol yang dapat mempercepat waktu hancur tablet dispersible ekstrak kering daun sukun yaitu pada konsentrasi 4%.
Kata kunci: tablet dispersible, daun Sukun, Ac-di-sol

Untuk membaca makalah lebih lengkap silahkan KLIK di sini

Berita Terkait