Berita

Beraneka ragam jenis jamu diperdagangkan, diantaranya adalah jamu kunyit asam. Pada komposisi jamu k

Artikel Penelitian

Sakarin Pada Jamu Gendong

redaksi , UHAMKA | Friday, 08/November/2013 07:52

Beraneka ragam jenis jamu diperdagangkan, diantaranya adalah jamu kunyit asam. Pada komposisi jamu kunyit asam yang beredar diduga mengandung zat tambahan seperti pemanis buatan, Dapat diketahui harga jamu kunyit asam di pasaran sangat murah dan terjangkau bagi kalangan masyarakat penikmat jamu. Hal ini menimbulkan kecurigaan, bahwa ada dugaan sementara jamu kunyit asam ditambahkan bahan pemanis buatan. Untuk mengetahui apakah ada penambahan bahan pemanis buatan pada jamu kunyit asam, maka perlu dilakukan penelitian terhadap jamu gendong tersebut.
Pada penelitian ini diambil sampel sebanyak 5 sampel yang diperoleh dari wilayah kelapa dua wetan Jakarta timur. Sampel diuji menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT), jika hasilnya positif yaitu terdapat bercak noda dan hRf sampel sama atau hampir mendekati hRf baku pembanding.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari 5 sampel jamu kemasan kunyit asam yang dianalisis secara kromatografi lapis tipis (KLT), tidak terdapat adanya bercak noda maupun harga Rf yang sama atau hampir mendekati harga Rf baku pembanding pemanis buatan sakarin, dan aspartam. Sementara untuk siklamat dilakukan dengan uji pengendapan,hasil yang diperoleh terbentuk endapan putih pada sampel jamu kunyit asam.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari 5 sampel jamu yang diperiksa ternyata negatif mengandung pemanis buatan sakarin, dan aspartam sekalipun menggunakan alat kromatografi cair kinerja tinggi tidak terdeteksi, sedangkan untuk siklamat dalam jamu gendong menunjukan nilai positif artinya mengandung pemanis buatan siklamat.


Artikel lebih lengkap silahkan KLIK di sini

Berita Terkait

Agenda Kegiatan

Rektor UHAMKA, Prof Dr. Suyatno memberikan sambutan pada Acara komisi Etik Penelitian.

25 Oct 2016

Pada tanggal 24 Oktober 2016, yang bertempat di Aula syafii Maarif, Kampus B, UHAMKA telah dimulai p