Berita

Luka adalah rusaknya kesatuan atau komponen jaringan, dimana secara spesifik terdapat substansi jari

Artikel Penelitian

Uji Aktivitas Kombinasi ZINC OXIDE Dengan MADU (Mel depuratum)

redaksi , UHAMKA | Thursday, 07/November/2013 10:51

Luka adalah rusaknya kesatuan atau komponen jaringan, dimana secara spesifik terdapat substansi jaringan yang rusak atau hilang, beberapa efek akan muncul, seperti hilangnya seluruh atau sebagian fungsi organ, respon stres simpatis, perdarahan dan pembekuan darah, kontaminasi bakteri, serta kematian sel. Untuk mempercepat penyembuhan dapat digunakan madu (Mel depuratum) yang mempunyai daya antibakteri dan zinc oxide berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel dan memperbaiki stuktur dinding sel, serta mampu mengatur sel normal sebagai media fungsi sistem imun tubuh. Dari kombinasi madu dan zinc diharapkan tidak menimbulkan resistensi seperti pada pemakaian antibiotik topikal, selain itu luka tersebut juga akan lebih cepat sembuh dan tidak disertai munculnya jaringan parut yang menganggu penampilan.
Penelitian ini dilakukan dua tahap, pertama dilakukan uji pendahuluan untuk mengetahui perbandingan konsentrasi madu dan zink oksid yang dapat mempercepat penyembuhan luka, dengan menggunakan 28 tikus yang dibagi dalam 7 kelompok percobaan. Selanjutnya dari hasil konsentrasi kombinasi terbaik tersebut dibuat ke dalam bentuk sediaan gel dengan membandingkan antara luka tanpa perlakuan, luka dengan pemberian gel bioplasenton yang telah beredar dipasaran, luka dengan pemberian basis gel, luka dengan pemberian gel madu dan luka dengan pemberian gel zink oksid.
Pada uji pendahuluan menunjukkan konsentrasi madu 20% dengan kombinasi zink oksid 5% dapat mempercepat penyembuhan luka dibanding dengan konsentrasi kombinasi lain. Pada uji lanjutan gel dengan kombinasi madu 20% dan zink oksid 5% dapat mempercepat penyembuhan luka pada kelompok hewan uji dibanding dengan kelompok hewan uji yang tidak mendapat perlakuan, mendapat perlakuan dengan basis gel, dengan gel zink oksid, dengan gel madu bahkan dengan gel bioplasenton yang telah beredar dipasaran.

Artikel selengkapnya silahkan KLIK di sini

Berita Terkait

Agenda Kegiatan

Program Kreativitas Mahasiswa 2011

29 Aug 2011

DITLITABMAS DIKTI KEMDIKNAS telah membuka pengajuan Proposal PKM 2011 mulai bulan Agustus sampai Okt


Pengumuman

Hibah Penelitian Kompetitif

26 Jul 2011

Sebagaimana hasil rapat koordinasi dan lokakarya program Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya,


Warta Islam dan Kemuhammadiyahan

Prof A. Malik Fadjar : Muhammadiyah Harus Terus Kembangkan IPTEK

30 Jul 2011

Prof A Malik Fadjar membuka acara Forum Group Diskusi Teknologi (FGDT) yang dihadiri oleh Perguruan