Berita

Leni Sri R, Ony Linda, Zulazmi Mamdy dan Evindyah Prita D1)1) Staf Pengajar Fakultas Ilmu-ilmu Keseh

Artikel Penelitian

Pengembangan dan Uji Alat Putar Status Gizi Balita

redaksi , UHAMKA | Thursday, 29/August/2013 23:14

Leni Sri R, Ony Linda, Zulazmi Mamdy dan Evindyah Prita D1)
1) Staf Pengajar Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

 

ABSTRAK

Masih tingginya prevalensi status gizi kurang yaitu sebesar 13%, gizi buruk (4,9%) maupun stunting (36,8%) pada balita di Indonesia memerlukan suatu penanganan yang tepat (Balitbangkes RI, 2010). Salah satu cara untuk mengetahui status gizi balita adalah dengan memantau status gizi pada balita sedini mungkin, sehingga kejadian gizi buruk dapat dicegah lebih dini. Pengetahuan dan keterampilan masyarakat terutama ibu balita dalam menilai status gizi balita perlu ditingkatkan untuk mengurangi dampak masalah gizi.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu alat yang terstandar dan mudah digunakan oleh masyarakat untuk menilai status gizi balita. Penelitian di laksanakan di wilayah Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan pengembangan alat putar penilaian status gizi yang akan diuji coba di kalangan kader posyandu. Tahap kedua setelah dilakukan perbaikan alat berdasarkan hasil evaluasi pada tahap pertama, untuk selanjutnya diuji coba pada masyarakat (ibu balita). Data hasil uji coba diolah secara statistik dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar untuk menilai tingkat kemudahan dalam penggunaan alat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang penilaian status gizi masih rendah. Hanya 25% dan 32,3% kader dan ibu balita yang memiliki tingkat pengetahuan baik. Alat Putar yang dirancang dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat. Pada akhir uji coba diperoleh rata-rata skor nilai keterampilan kader dan ibu balita dalam menilai status gizi balita masing-masing adalah 90,6 dan 82,6. Penilaian terhadap Alat Putar II meliputi gagasan, kemudahan membaca pesan, kesedehanaan, kemudahan membaca angka, keterpaduan isi pesan, ketertarikan warna dan ketertarikan gambar cukup baik dengan persentasi responden yang menyatakan baik berturut-turut 96%, 85,5%, 77,8%, 91,2%, 85,4%, 88% dan 82%. Evaluasi perlu dilakukan secara berkala untuk mendapatkan alat yang benar-benar mudah dipakai oleh masyarakat umum. Sehingga Alat Putar dapat menjadi salat satu media untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menilai status gizi balita.

Artikel lebih lengkap bisa KLIK di sini : Artikel Halaman 1-6 ; Artikel Halaman 7-9 ; Halaman 10 - 13

 

Berita Terkait

Artikel Penelitian

Pengembangan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat

06 May 2011

LEMLITBANG & LPPM UHAMKA adalah sebuah lembaga pengelola teknis Universitas Muhammadiyah  P


Artikel Penelitian

Hubungan Pendidikan Orang Tua dan Perubahan Status Stunting

04 May 2012

HUBUNGAN PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PERUBAHAN STATUS STUNTING DARI USIA 6-12 BULAN KE USIA 3-4 TAHU


Agenda Penelitian

Kompilasi Panduan dan Prosedur Usulan Hibah Penelitian DIKTI 2014

01 May 2013

(Panduan Hibah Penelitian ada di bagian akhir tulisan ini, Silahkan digeser ke bagian bawah untuk me