Berita

KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU PLPG RAYON 137 JAKARTA ABSTRAK H. Abdul Madj

Artikel Penelitian

KUALITAS LAYANAN PLPG RAYON 137 JAKARTA

redaksi , UHAMKA | Friday, 08/March/2013 12:02

KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEMAMPUAN PROFESIONAL

GURU PLPG RAYON 137 JAKARTA


ABSTRAK

H. Abdul Madjid Latief, dkk.

 

Kualitas Pelayanan Terhadap Kemampuan Profesional Guru PLPG Rayon 137 Jakarta, tahun 2012.

Kualitas pelayanan adalah suatu model yang dapat menggambarkan kondisi pelanggan dengan membandingkan pelayanan yang mereka harapkan dengan apa yang mereka terima dalam mengevaluasi kualitas.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini terhitung sebanyak 300 orang guru dan menggunakan perhitungan Tabel Isaac dan Michael. Tingkat kesalahan yang dipakai yaitu 5%.  Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 161 orang. Dan teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah simple random sampling.

Dengan menggunakan perhitungan uji homogenitas, maka α = 0.05 dari daftar distribusi chi-kuadrat dengan dk = 20 didapat X² 0.95 (20) = 3.14. Ternyata bahwa X² = 3.568 < 31.4 sehingga hipotesis diterima dalam taraf nyata 0.05.

Secara kualitatif berdasarkan pengamatan dapat diungkapkan dengan indikator-indikator sebagai berikut : instruktur PLPG sebagai role model tenaga pendidik yang menunjukkan semangat tinggi memberikan materi-materi dan melayani secara prima kepada peserta PLG dalam mengikuti diklat ini, sehingga peserta diklat banyak aktif yang bertanya, terlibat dalam kegiatan kelas dan memiliki kemandirian dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah ditentukan oleh instruktur PLPG tersebut.

Penelitian ini diharapkan dapat dilakukan kembali di tahun mendatang dengan jumlah populasi dan sampel yang berbeda, sehingga dapat dilihat kualitas pelayanan dalam penyelenggaran PLPG setiap tahunnya apakah mengalami peningkatan kualitas atau malah menjadi menurun. Tidak hanya itu dengan penelitian ini, peserta diklat diharapkan setelah mengikuti kegiatan PLPG agar menjadi guru yang profesional serta menjadi guru yang aktif dan berkompeten di bidangnya.

Makalah Lengkap silahkan KLIK di sini.

Berita Terkait