Berita

  PENGETAHUAN, SIKAP DAN KOMITMEN ANGGOTA DPR RI PERIODE 2009-2014 TERHADAP KESEHATAN

Artikel Penelitian

PENGETAHUAN, SIKAP DAN KOMITMEN DPR TERHADAP MASALAH GENDER & KEPENDUDUKAN

lemlit , UHAMKA | Thursday, 15/March/2012 09:22

 

PENGETAHUAN, SIKAP DAN KOMITMEN ANGGOTA DPR RI PERIODE 2009-2014 TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI, GENDER DAN KEPENDUDUKAN TAHUN 2011

Julie Rostina1, Raihana Alkaff2, Sarah Handayani1,Erni Agustini, ElsiDwiHapsari3, EvindiyahPritaDewi(1 Pusat Kajian Kesehatan FIKES UHAMKA, 2 FKK UIN, 3 UGM)

 

ABSTRAK

Kualitas sumber daya manusia Indonesia dipengaruhi oleh kebijakan yang dibuat oleh Pengeloloa Negara. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia adalah bagian dari pejabat/pengelola negara, dimana memiliki fungsi yang sangat strategis yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan. Fungsistrategis yang dimiliki anggota dewan, harus didukung oleh pengetahuan yang memadai, sikap positif dan komitmen yang kuat terkait dengan masing-masing komisi yang dipegangnya. Penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan komitmen Anggota DPR RIKomisi VIII, IX, X dan Badan Anggaran Periode 2009-2014terhadap Kesehatan Reproduksi, Gender dan Kependudukan Tahun 2011. Anggota dewan yang memilikikapasitas dan komitmen yang baik terhadap kependudukan, kesehatan reproduksi dan gender akan mampu mendorong suksesnya program pembangunan. Hasil penelitian menunjukkan 39,6% responden masih tidak mengetahui cara penularan HIV/AIDS, 37,5% resonden tidak mampu membedakan antara jenis kelamin dan gender, dan hanya 23% responden yang mengetahui angka kematian ibu. Sikap responden terkait isu kesehatan reproduksi, gender dan kependudukan: 6-15% responden tidak mendukung kebijakan terkait kesehatan reproduksi dan tembakau, namun seluruh responden mendukung kebijakan terkait HIV/AIDS dan peningkatan alokasi biaya untuk kesehatan menjadi 5-10% dari APBN. Komitmen responden terhadap kesehatan reproduksi, gender dan kependudukan: 16,6% responden tidak mendukung Undang-undang Pengendalian Dampak Tembakau pada Kesehatan, namun hampir semua responden berkomitmen dalam kesehatan reproduksi, gender dan kependudukan.

Kata Kunci: Komitmen, Kesehatan Reproduksi, Gender Dan Kependudukan

Untuk melihat makalah selengkapnya silahkan KLIK di sini

 

Berita Terkait

Pengumuman

Batas Pemasukan Proposal Penelitian Reguler

14 Apr 2011

Sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil dalam acara WorkShop bahwa batas pemasukan proposal pen


Agenda Penelitian

Strategi Pengembangan LPPM & LEMLITBANG UHAMKA

14 Apr 2011

LEMLITBANG & LPPM UHAMKA adalah sebuah lembaga pengelola teknis Universitas Muhammadiyah Prof Dr


Seputar Uhamka

Dosen Peneliti UHAMKA Memasukkan Proposal Penelitian Hibah Bersaing Ke Kopertis 3

04 Jun 2011

Dosen Peneliti UHAMKA selalu berusaha meningkatkan peranannya dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan ya