Berita

MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMP

Artikel Penelitian

MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

lemlit , UHAMKA | Thursday, 08/March/2012 11:32

MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS GURU FISIKA PADA TOPIK FLUIDA DINAMIS

Ferawati, M. Pd

(Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UHAMKA)

 

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan studi pra-eksperimen dengan desain one group pretestt-posttest design yaitu penelitian yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes multiple choices sebelum pembelajaran (pretestt), dan setelah pembelajaran selesai (posttest) serta angket tanggapan guru tentang penggunaan mutimedia interaktif.Subjek penelitian adalah guru-guru berlatar belakang pendidikan dari Pendidikan Fisika/Pendidikan IPA/Fisika yang mengajar di SMA Muhammadiyahyang sedang mengikuti pelatihan di salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Jakarta. Data yang diperoleh dari hasil tes baik pretest,posttest,dan angket pendapat guru diolah dengan menggunakan rata-rata skor gain yang dinormalkan. Secara umum terjadi peningkatan penguasaan konsep dengan rata-rata sebesar 65,9%. Peningkatan penguasaan konsep tiap sub topik menurut pengalaman mengajar antara lain, ≥ 5 tahun sebesar 65,9%, 6-10 tahun sebesar 64,22% dan > 10 tahun sebesar 41,53%. Terjadi peningkatan Keterampilan Generik Sains (KGS) dengan rata-rata sebesar 63% pada kategori sedang. Peningkatan pada setiap indicator;inferensi logika sebesar 58,6%, pengamatan tak langsung sebesar 78,3% dan kerangka logika taat azas meningkat sebesar 52,2%. Pendapat guru (Petatar) dan Penatar tentang multimedia interaktif yang digunakan dalam pembelajaran ini umumnya menunjukan kategori setuju bahwa penggunakan Multimedia Interaktif (MmI) dapat meningkatkan motivasi belajar, dapat memvisualkan konsep-konsep yang sebenarnya abstrak, dapat membangun konsep-konsep fluida dinamis yang seharusnya dimiliki,dan Evaluasi pada setiap sub topik dan pada akhir program sangat membantu untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep.

Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Fluida dinamis, dan Keterampilan Generik Sains

 

Melihat makalah lengkap silahkan KLIK di sini

 

Berita Terkait

Pengumuman

Batas Pemasukan Proposal Penelitian Reguler

14 Apr 2011

Sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil dalam acara WorkShop bahwa batas pemasukan proposal pen


Agenda Penelitian

Strategi Pengembangan LPPM & LEMLITBANG UHAMKA

14 Apr 2011

LEMLITBANG & LPPM UHAMKA adalah sebuah lembaga pengelola teknis Universitas Muhammadiyah Prof Dr


Seputar Uhamka

Dosen Peneliti UHAMKA Memasukkan Proposal Penelitian Hibah Bersaing Ke Kopertis 3

04 Jun 2011

Dosen Peneliti UHAMKA selalu berusaha meningkatkan peranannya dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan ya