Berita

Sebagai tindak lanjut kerjasama penelitian antara IISD dan Lemlitbang UHAMKA, proses entri data pene

Agenda Penelitian

Entri Data Penelitian Pengendalian Tembakau

redaksi , UHAMKA | Thursday, 27/June/2013 23:24

Sebagai tindak lanjut kerjasama penelitian antara IISD dan Lemlitbang UHAMKA, proses entri data penelitian pengendalian tembakau telah dilaksanakan di kantor lemlitbang UHAMKA.

Sebagaimana diberitakan dalam kiriman berita sebelumnya Lembaga Penelitian dan pengembangan UHAMKA menjalin kerjasama penelitian dengan Indonesia Institute For Social Development (IISD). IISD adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang memiliki perhatian yang tinggi dalam pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Salah satu perhatian IISD terhadapat masyarakat Indonesia adalah dalam bidang pemeliharaan kesehatan masyarakat melalui program Tobacco Control (pengendalian dampak kesehatan tembakau). Sebagaimana disampaikan oleh Deni WK selaku manager program tobacco control IISD, perlindungan masyarakat dari bahaya tembaco sangat penting mengingat Indonesia masih terindikasi sebagai "surga" bagi para perokok. Tanpa disadari dampat kebebasan yang berlebihan terhadap perokok tersebut telah menimbulkan dampak negative kepada masyarakat luas yang bahkan kerugiaanya melebihi dari akses ekonomi dari industri rokok itu sendiri.

Pengendalian Tembakau

Sementara itu ketua Lemlitbang UHAMKA Ir. Endy SA, MT., menyampaikan bahwa Lembaga Penelitian UHAMKA sangat konsen terhadap permasalahan kesehatan lingkungan. Oleh karenanya lemlitbang UHAMKA akan mengelola penelitian survei opini publik tentang Frame Convension Tobacco Control (FCTC) dengan baik sehingga diperoleh data yang akurat untuk meningkatkan kesehatan lingkungan dan kemajuan perikehidupan pada umumnya. Dalam penelitian yang penting ini Lemlitbang UHAMKA menerjunkan peneliti senior secara langsung diantaranya Dr. Yusnidar Yusuf, Retno Mardiati, SKM.,M.Kes., Fatimah Nisma Msi, dan Novi Andayani MSi.

Berita Terkait

Agenda Penelitian

Lemlitbang UHAMKA Berkolaborasi Dengan IISD Untuk Penelitian Tobacco Control

05 Jun 2013

Lembaga Penelitian dan pengembangan UHAMKA menjalin kerjasama penelitian dengan Indonesia Institute