Berita

Sebagai upaya peningkatan peran serta perguruan tinggi dalam pengembangan sumberdaya manusia di era

Agenda Penelitian

FGD PENINGKATAN PERAN DPRD KAB SIAK DALAM PEMBANGUNAN DAERAH

redaksi , UHAMKA | Sunday, 23/September/2012 07:06

Sebagai upaya peningkatan peran serta perguruan tinggi dalam pengembangan sumberdaya manusia di era otononmi daerah, LEMLITBANG UHAMKA menggelar kegiatan Focus Group Discusion dengan berbagai DPRD. Kegiatan yang bekerjasama dengan para pakar dan pengampu kepentingan dalam pengembangan sumberdaya manusia ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam proses penguatan kapasitasi DPRD dalam peranannya untuk kemajuan daerah diera otonomi daerah dewasa ini.

Dalam kaitan ini peran dan dukungan DPRD dalam rangka pelaksanaan Peraturan Perundang-Undangan sangat strategis, khususnya dalam membuat peraturan daerah (Perda) dan peraturan daerah lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pembentukan peraturan perundang-undangan adalah proses pembuatan peraturan perundang-undangan yang pada dasarnya dimulai dari perencanaan, persiapan, teknik penyusunan, perumusan, pembahasan, pengesahan, pengundangan, dan penyebarluasan. Di antara rangkaian proses tersebut ada proses pengharmonisasian. Dengan demikian, pengharmonisasian merupakan salah satu dari rangkaian proses pembentukan peraturan perundang-undangan.

Sebagaimana disampaikan oleh ketua LEMLITBANG UHAMKA Endy Sjaiful Alim, bhwa pasca reformasi keberhasilan kemajuan yang paling menonjol yang telah berhasil diraih oleh bangsa ini adalah pelaksanaan demokratisasi disegala bidang. Sedangkan kebebasan yang ada dalam proses demokrasi memerlukan pijakan perundangan yang lebih mapan supaya dinamika yang muncul dari proses demokrasi tersebut dapat dikelola dengan baik, terbingkai menuju proses yang konstruktif terhadap kemajuan bangsa. Disinilah peranan anggota DPRD untuk dapat menggawangi segala bentuk dan proses perundangan yang ada, menjadi penting dan sangat diperlukan untuk mencapai kemajuan daerah.

Sementara itu pada kesempatan yang sama ketua DPRD Kabupaten Siak Propensi Riau, Zulfi Mursal SH, pada kesempatan FGD tersebut menyatakan bahwa perlu diakui memang semakin banyaknya perundangan dapat memberikan acuan yang lebih terinci dalam menyelenggaraan pemerintahan, akan tetapi semakin banyaknya perundangan dan semakin cepatnya perubahan perundangan tersebut tentu menuntut kerja keras semua fihak terutama Anggota DPRD untuk dapat terus menerus meng- up date- wawasan serta untuk dapat mencermati segala bentuk perubahan dan tuntutan implementasi perubahan perundangan tersebut dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan demikian diharapkan dapat terkelola secara optimal potensi daerah dengan tetap mengacu dalam koridor perundangan yang ada. Kegiatan FGD ini dilaksanakan di Hotel Mercure Jl Hayamuruk Jakarta diikuti oleh Anggota dan kesekretariatan DPRD Siak Propinsi Riau dari tanggal 21-22 September 2012.

Berita Terkait

Agenda Penelitian

DPRD KAB LAMPUNG SELATAN MEMPERLUAS WAWASAN

23 Sep 2012

Salah satu ihtiar guna peningkatan peran serta Perguruan Tinggi dalam pengembangan SDM di era otonon