Berita

Kementrian BUMN selalu meningkatkan perannya dalam peningkatan kesejahtaraan masyarakat. Salah satu

Agenda Penelitian

PENANGANAN KEMISKINAN ALA BUMN

lemlit , UHAMKA | Sunday, 10/June/2012 21:14

Kementrian BUMN selalu meningkatkan perannya dalam peningkatan kesejahtaraan masyarakat. Salah satu kegiatan yang menunjukkan komitmen terhadap masyarakat miskin adalah Program Penanganan Kemiskinan di DKI Jakarta. Program yang disingkat dengan akronim P2KDKI ini adalah termasuk program perintis setrategis.

Pada program P2KDKI ini telah diterjunkan sejumlah 200 relawan dari aktivis mahasiswa/sarjana baru dari UHAMKA, UNJ, UIN, UI dan berbagai perguruan tinggi lain yang memiliki komitmen dalam penanganan kemiskinan. Disamping aktivis mahasiswa dan sarjana baru juga sebagian dari pemuda pelopor diwilayah DKI dan sekitarnya. Relawan tersebut telah direkrut dan diberikan pelatihan secara khusus untuk melakukan kegiatan Action Research.

Sebagai sasaran dalam kegiatan ini adalah 100 RT di DKI yang tergolong paling membutuhkan penanganan kemiskinan (sesuai data BPPS termutaakhir). Seratus RT sasaran tersebut tersebar di 5 wilayah kota di DKI Jakarta dan 1 kabupaten Pulau Seribu.

Aktivitas perintis setrategis melalui P2KDKI ini didukung secara penuh oleh empat BUMN Pembina diantaranya : Perusahaan Gas Negara (PGN), Pertamina, BRI dan PT Pelindo. Untuk selanjutnya program ini akan dilanjutkan dengan kegiatan yang lebih luas cakupannya, dengan sasaran kebangkitan 1000 desa secara nasional. Hal ini sebagaimana telah disampaikan oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Setrategis Kementrian BUMN RI Bapak Pandu Djajanto. Sementara itu untuk P2KDKI sendiri akan dilanjutkan dengan program tahap ke II yang akan melibatkan lebih banyak lagi perguruan tinggi dan memperluas sasaran dengan menambah lagi 126 RT yang membutuhkan penanganan kemiskinan  diwilayah DKI.

Dalam kesempatan Apresiasi relawan P2KDKI pada tanggal 5 Juni 2012 mentri BUMN Dahlan Iskan menyampaikan agar BUMN selalu meningkatkan kerjasama dengan berbagai kalangan dalam membangun komitmen untuk memajukan kesejahteraan sosial masyarakat dan ini adalah bagian peran dan fungsi BUMN. Upaya kerjasama dengan berbagai kalangan dalam pemanfaatan CSR ini penting, supaya disisi lain jajaran pengelola BUMN sendiri bisa berkonsentrasi untuk memperoleh keuntungan keekonomian yang mana hal ini adalah merupakan tugas dan misi utama BUMN.

 

Berita Terkait

Agenda Penelitian

EVALUASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA ALA BUMN

25 Oct 2012

Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempelopori format baru pemberdayaan masyarakat dengan po


Pengumuman

ACTION RESEARCH FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

04 Apr 2012

Lemlitbang UHAMKA menggulirkan program penelitian strategis insidentil dengan tema besar Action Rese


Agenda Kegiatan

CATATAN HARIAN PROGRAM PENANGANAN KEMISKINAN (P2K) DKI

11 Apr 2012

Pada halaman ini kami muat beberapa catatan harian dari laporan relawan Program Penanganan Kemiskina