Berita

Marccus Ciccero Totabuan/HAMRI H.Mokoagow Relawan p2kdki Kelurahan Jembatan Besi. Kecamatan TAMBORA

Agenda Penelitian

MISKIN BUKAN TAKDIR (Sebuah Catatan Relawan Program Penanganan Kemiskinan DKI / P2KDKI)

lemlit , UHAMKA | Wednesday, 25/April/2012 05:30

Marccus Ciccero Totabuan/HAMRI H.Mokoagow

Relawan p2kdki Kelurahan Jembatan Besi. Kecamatan TAMBORA (Jakarta Barat)

Perjalanan Tim Relawan BUMN, yang terdiri dari berbagai kampus bahkan LSM, kini hendak mencapai titik final dalam merumuskan penanganan yang cepat dan tepat terhadap pemutusan rantai kemiskinan di seratus titk RT/Kelurahan di DKI Jakarta. Melalui Program BUMN Peduli, diharapkan para relawan akan maksimal dalam melihat persoalan utama yang terjadi di masyarakat yang telah dilakukan riset sebelumnya. Meskipun singgkat Mapping sosial, ini tentunya sudah mengeluarkan anlisis bahkan bajet yang besar dalam perjalannannya. Program ini sangat sinergis jika kita melihat, agenda MP3EI : Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia, yang mengacu pada UU No 17 Tahun 2007 tentang Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Indonesia Tahun 2005-2025, Junto KEPRES No 32 Tahun 2011 sebagai penegas aturan pelaksanaan kebijakan tersebut. Dalam menuju negara maju secara Ekonomi dengan target peringkat Ke 12 dunia tahun 2025 dan peringkat enam di tahun 2050, peran BUMN, BUMD Dan swasta, sangat diharapkan dalam melakukan kerjasama dengan pemerintah pusat dan daerah. 

Hal ini sangat menarik untuk didiskusikan sehingga testimoni yang sudah kita lakukan akan tepat sasaran dengan agenda agenda nasional dan global. Pertanyaan selanjutnya adalah, sejauh mana upaya ini dalam membantu masyarakat miskin di DKI JAKARTA??? 

Kemiskinan selama ini kadang dilihat sebagai sebuah hukuman Tuhan yang dibungkus dengan takdir, akan tetapi tentunya, kita melihat bahwa Tuhan-Pun memiliki tafsiran yang Maha luar biasa dalam menulis cerita manusia. Miskin dalam hal ini tidak terbatas pads takdir belaka, melainkan kondisi lain adalah manusia termiskinkan oleh kondisi yang sangat sistemik dalam sebuah kebijakan yang mungkin tidak populis. Dengan kenyataan ini, maka kiranya PROGRAM BUMN PEDULI, Akan menjadi gebrakan baru bagi semua relawan untuk berfartisifasi aktif dalam memutus rantai kemiskinan lewat pemberdayaan bagi masyarakat, dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki masyarakat langsung. Sehingga kerjasama antar relawan dan pihak BUMN Sangat diperlukan dalam melakukan agenda mendesak penyelamatan bangsa ini, sehingga kalaupun sukses, maka kita berharap agenda ini, akan berjalan serentak ke seluruh wilayah Nusantara. 

Tetap Semangat, 

Pelajarilah kembali Sejarah, sebab kelak engkau akan dipanggil kembali untuk memimpin bangsa-bangsa dimuka bumi. (Muhamad Iqbal)

Hamri H.Mokoagow (0853 4056 1580/0856 5728 2958)

Berita Terkait

Agenda Penelitian

EVALUASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA ALA BUMN

25 Oct 2012

Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempelopori format baru pemberdayaan masyarakat dengan po


Seputar Uhamka

RELAWAN ACTION RESEARCH LEMLITBANG UHAMKA

19 Mar 2012

Salah satu program Penelitian Strategis Insidentil akan dilaksanakan oleh Lemlitbang UHAMKA. Program


Pengumuman

ACTION RESEARCH FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

04 Apr 2012

Lemlitbang UHAMKA menggulirkan program penelitian strategis insidentil dengan tema besar Action Rese