Berita

PEMANFAATAN  SAMPAH MENJADI BARANG BERDAYA GUNA EKONOMI   Eko Ramadhan Nugroho dan Asep Ma

Agenda Penelitian

CATATAN HARIAN RELAWAN P2KDKI KELURAHAN JATI PULOGADUNG

lemlit , UHAMKA | Friday, 20/April/2012 09:59

PEMANFAATAN  SAMPAH MENJADI BARANG BERDAYA GUNA EKONOMI

 

Eko Ramadhan Nugroho dan Asep Maulana Yusuf

(Kelurahan Jati Kec Pulogadung RT17/05)

 

LATAR BELAKANG MASALAH

Di wilayah Kelurahan Jati, Kecamatan Pulo Gadung, RT.017 RW.005 kesadaran untuk memelihara lingkungan bersih sangat kurang. Di wilayah tersebut mayoritas warga membuang sampah di bantaran kali. Kemudian, tidak terdapatnya tempat sampah dan pengambilan sampah yang tidak rutin membuat sepanjang gang seringkali terdapat sampah berserakan. Mayoritas sampah yang dibuang adalah sampah rumah tangga yang sebagian besar adalah sampah organik.

Melihat kondisi wilayah tersebut, kami berpikiran untuk menertibkan pembuangan sampah agar tidak dibuang disembarang tempat. Sampah yang terbuang dan dikumpulkan dan diatur tersebut dapat didayagunakan menjadi barang yang dapat bernilai jual dan dapat dipasarkan. Maka dari itu kami melihat potensi sebuah peluang untuk pengolahan sampah organik menjadi pupuk yang dapat dipasarkan. 

 

RUMUSAN MASALAH

Perlu adanya tong sampah dan gerobak untuk memfasilitasi warga dalam mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Perlu diadakan alat berupa mesin pencacah, mini komposter, dan cairan mikrobakteria untuk pengolahan sampah organik menjadi pupuk yang bernilai jual dan dapat dipasarkan. Sehingga sampah yang sangat banyak di wilayah RT.017 dapat didayagunakan untuk warga. 

 

TUJUAN

Tujuan dari kegiatan P2K di Kelurahan Jati, Kecamatan Pulo Gadung, RT. 017 RW. 005 adalah dengan adanya tong sampah dan gerobak, dapat menertibkan pembuangan sampah di RT.017. Jadi, dapat meminimalisir pembuangan sampah ke Kali Sunter. Selain itu dengan diterapkannya mini komposter, alat pengubah sampah organik menjadi pupuk kompos yang memiliki nilai jual dan dapat dipasarkan. Sehingga dapat memberikan pemasukan kepada RT tersebut. 

Berita Terkait

Agenda Penelitian

EVALUASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA ALA BUMN

25 Oct 2012

Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempelopori format baru pemberdayaan masyarakat dengan po


Pengumuman

ACTION RESEARCH FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

04 Apr 2012

Lemlitbang UHAMKA menggulirkan program penelitian strategis insidentil dengan tema besar Action Rese


Agenda Kegiatan

CATATAN HARIAN PROGRAM PENANGANAN KEMISKINAN (P2K) DKI

11 Apr 2012

Pada halaman ini kami muat beberapa catatan harian dari laporan relawan Program Penanganan Kemiskina