Berita

Fakultas Psikologi UHAMKA kembali akan mengirimkan dosennya untuk mempresentasikan hasil penelitiann

Agenda Kegiatan

Dosen Psikologi UHAMKA akan Presentasikan Hasil Penelitian di Paris

redaksi , UHAMKA | Tuesday, 13/May/2014 07:28

Fakultas Psikologi UHAMKA kembali akan mengirimkan dosennya untuk mempresentasikan hasil penelitiannya pada ajang pertemuan ilmiah intenasional. Kali ini Dua orang dosen Psikologi UHAMKA akan menjadi presenter dalam International Congress of Applied Psychology (ICAP) 2014 di Paris, Prancis. ICAP 2014 ini adalah pertemuan ke 28 dari kegiatan empat tahunan, dimana sebelumnya Australia menjadi tuan rumah pada pertemuan ICAP ke 27 tahun 2010 tepatnya di Melbourne.
Kegiatan ICAP menjadi salah satu kegiatan pertemuan ilmiah Psikologi yang terbesar dimana pada pertemuan ke 27, dilaporkan oleh website proceeding ICAP 27, dihadiri lebih dari 2000 peneliti dan praktisi dari seluruh dunia. Pertemuan ini pertama kali diadakan pada tahun 1920 oleh International Association of Applied Psychology (IAAP). Dengan demikian, pertemuan ini secara konsisten sudah dilakukan hampir selama seratus tahun.
Kedua dosen Psikologi yang akan berangkat dalam acara ini, Subhan El Hafiz dan Fahrul Rozi, sebelumnya mengirimkan abstrak hasil penelitian pada panitia. Berdasarkan hasil seleksi, keduanya kemudian diterima untuk dipresentasikan dalam forum ilmiah yang bergengsi ini dalam sesi yang berbeda. Satu penelitian akan dipresentasikan dalam oral session, sedangkan penelitian lain dalam short oral presentation beserta poster session.
Ini bukan kali pertama dosen Fakultas Psikologi UHAMKA mempresentasikan hasil penelitiannya dalam ajang pertemuan ilmiah international. Pada tahun 2011 Fakultas Psikologi UHAMKA juga pernah mengirimkan dosen untuk mempresentasiikan hasil penelitiannya pada pertemuan ilmiah dua tahunan yang diselenggarakan Asian Association of Social Psychology (AASP) di Kunming, China, dan pada 2013 di Yogyakarta, Indonesia. Selain itu, pada 2012 hasil penelitian beberapa dosen Psikologi UHAMKA juga terpilih untuk dipresentasikan pada pertemuan ilmiah internasional dua tahunan yang diselenggarakan oleh International Association of Cross-Cultural Psychology (IACCP) di Stellenbosch, Afrika Selatan.
Pada pertemuan ilmiah di Afrika Selatan, Fakultas Psikologi UHAMKA juga mengirim dua orang mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian kolaboratifnya dengan dosen tentang Nilai Anak pada Suku Baduy. Pada forum ilmiah lain, hasil penelitian kolaboratif dosen dengan mahasiswa Psikologi juga pernah dipresentasikan di Singapura dalam Konferensi Internasional Komputer dan Pendidikan.
Adapun hasil penelitian yang dipresentasikan diantaranya penelitian dosen yang didanai oleh Lembaga Penelitian UHAMKA dan Hibah DIKTI. Sedangkan biaya keberangkatan dan akomodasi selama pertemuan ilmiah tersebut didanai oleh Fakultas. Dekan Fakultas Psikologi, Yulmaida Amir, mengatakan bahwa tujuan Psikologi UHAMKA menyediakan dana bagi dosen untuk hadir dalam kegiatan-kegiatan ilmiah semacam ini adalah guna pengembangan kapasitas keilmuan dosen, wawasan, dan melakukan rintisan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, disamping mendiseminasikan hasil penelitian dan mengangkat nama UHAMKA dalam ajang internasional. (*)

Berita Terkait

Pengumuman

Batas Pemasukan Proposal Penelitian Reguler

14 Apr 2011

Sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil dalam acara WorkShop bahwa batas pemasukan proposal pen


Agenda Penelitian

Strategi Pengembangan LPPM & LEMLITBANG UHAMKA

14 Apr 2011

LEMLITBANG & LPPM UHAMKA adalah sebuah lembaga pengelola teknis Universitas Muhammadiyah Prof Dr


Pengumuman

Penandatanganan Kontrak Penelitian Reguler Periode April

05 May 2011

PENGUMUMAN RESMI Kepada Bpk/Ibu dosen Yang telah memsukkan proposal penelitian reguler periode