Berita

Alhamdulillah, Sosialisasi Program Penelitian 2012 telah terselenggara dengan lancar. Acara yang dii

Agenda Kegiatan

Pemasukan Proposal Penelitian Dosen UHAMKA

lemlit , UHAMKA | Sunday, 12/February/2012 21:09

Alhamdulillah, Sosialisasi Program Penelitian 2012 telah terselenggara dengan lancar. Acara yang diikuti 180 peserta dari dosen dan mahasiswa UHAMKA ini dilaksanakan dengan tujuan dapat mensosialisasikan berbagai program penelitian yang ada di Uhamka terutama sesuai perkembangan terbaru dalam kaitan desentralisasi penelitian perguruan tinggi. Sosialisasi yang diselenggarakan di AULA kampus Utama UHAMKA Ps Rebo ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Uhamka, Bapak Dr Muhdie. Acara yang diselenggarakan hari Jumat, tanggal 10 Februari 2012 ini mengupas tuntas tentang Program Penelitian di UHAMKA yang asesmen proposalnya telah dimulai dan akan di tutup tanggal 7 Maret 2012 untuk Penelitian Kompetitif Internal, serta tanggal 15 Maret Untuk Kompetisi Ekternal (sesuai program desentralisasi penelitian). Program Penelitian Ekternal tersebut terdiri dari 8 Program Penelitian yang meliputi ; Penelitian Hibah Bersaing, Penelitian Fundamental, Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PEKERTI),  Hibah Penelitian Pascasarjana, Penelitian Disertasi Doktor, Riset Andalan PT dan Industri (RAPIDS), Penelitian Kerjasama Antar Lembaga dan Perguruan Tinggi serta Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi.

Jadwal Pemasukan Proposal Penelitian

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Lemlitbang UHAMKA Endy SA, MT, dari sisi prosentase proposal yang mendapat dana dari DIKTI di UHAMKA mengalami peningkatan 300%, dari sisi tingkat keberhasilan proposal yang diajukan ke DIKTI mencapai 50%, angka ini sangat baik jika dibanding dengan Perguruan tinggi lain yang rata-rata hanya mencapai 10 % keberhasilan. Namun dari sisi jumlah proposal yang diajukan ke DIKTI masihlah sangat kurang dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain. Perguruan Tinggi lain rata-rata mengajukan proposal diatas seratus ke DIKTI, sedang dari UHAMKA hanya 12 Proposal yang diajukan ke DIKTI. Dari sini dapat disimpulkan bahwa peluang keberhasilan proposal dari UHAMKA cukup tinggi, namun jumlah proposal yang diajukan masihlah sangat kurang. Oleh karena itu dalam kesempatan sosialisasi tersebut telah disepakati kerjasama dengan para dosen peneliti agar dapat menyusun proposal penelitian yang lebih banyak lagi untuk mengimbangi peluang pendanaan yang cukup tinggi tersebut. Untuk melihat  Panduan Penyusunan Proposal silahkan Kunjungi LINK berikut :

1. Panduan Proposal Penelitian dengan dana utama dari DIKTI.

2. Panduan Proposal Penelitian dengan dana internal.

Acara Sosialisasi Program Penelitian tersebut juga di isi dengan penjelasan program penelitian internal oleh Sekretaris Lemlitbang Dr H Syaiful Rohim, serta ibu Dr Suswandari juga turut menjelaskan mengenai program pengabdian dan pemberdayaan Masyarakat sebagai tindak lanjut Penelitian.

Berita Terkait

Agenda Penelitian

Strategi Pengembangan LPPM & LEMLITBANG UHAMKA

14 Apr 2011

LEMLITBANG & LPPM UHAMKA adalah sebuah lembaga pengelola teknis Universitas Muhammadiyah Prof Dr


Artikel Penelitian

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PEMBAGIAN DAN PERKALIAN

15 Jun 2011

  Drs. H. Nawawi, M. Si   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ha


Artikel Penelitian

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE REINFORCEMENT

15 Jun 2011

  Oleh: Mayarni, S.Pd., M.Si.  Dosen FKIP Prog. Studi Biologi UHAMKA Makalah ini disampaik